Jumat, 11 Maret 2011

Charger Ponsel Nirkabel

Hello, reader ! How are you today? :D 
Aah maaf kalau sekarang jarang nge post. banyak kerjaan.. hehe ( sok sibuk )
N maaf juga kalo post kali ini make bahasa indonesia. Karena yang saya bahas kali ini tentang produk lokal asli indonesia yang membanggakan negeri garuda ini. hehe GO INDONESIA ! * Alibi


Sekarang Bibie mau ngasih tau Info tentang penemuan alat charger ponsel terbaru yang ditemukan oleh peneliti dari Universitas Indonesia, yang mana merupakan salah satu Universitas yang paling kompeten di Indonesia.


Mereka menemukan cara baru dalam mentransmisikan energi listrik melalui media nirkabel ( baca : tanpa kabel ) . Yang mana akan bermanfaat dalam pengisian baterai jarak jauh / udara ( pokoknya ga pakai kabel hehe ) 


Dr Ing Eko Adhi Setiawan, dosen dan peniliti dari Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia mengemukakan bahwa penelitiannya ini digarap dalam waktu 3 tahun, yaitu semenjak tahun 2009.



Selama ini, vendor ponsel asal Amerika Serikat Palm telah melakukan hal yang sama pada produk ponsel pintar mereka, Palm Pre.
Baterai ponsel pintar ini bisa diisi dengan hanya menaruh ponsel ini dengan sebuah dok pengecas tanpa kabel bernama TouchStone. 
Namun, penelitian Eko dan timnya telah berhasil mengaplikasikan pengisian baterai ponsel melalui berbagai media tanpa kabel, seperti melalui udara, air, bahkan dinding beton hingga jarak 60 cm. 
Sebelumnya, untuk pembuktian konsep ini, Eko sempat membuat alat transfer listrik yang bisa menembus air dan beton.
Alat ini sendiri secara garis besar terdiri dari empat komponen, yakni rangkaian pemancar listrik, antena pemancar (transmitter), antena penerima (receiver), dan rangkaian penerima, yang dipasangi dengan lampu pijar.
Anehnya, alat transfer listrik ini bisa menembus air akuarium, tanpa melukai ikan. Padahal, seperti diketahui, air adalah salah satu konduktor. Dan secara teoritis, arus yang mengalir pada antena pemancar itu sudah cukup untuk menyetrum ikan-ikan di akuarium hingga mati. Namun, hal ini tidak terjadi.
Metode transfer listrik ini sendiri menggunakan prinsip resonansi frekuensi elektromagnetik. Eko menganalogikan sebuah garpu tala yang bila dibunyikan bakal membuat garpu tala lain dalam jarak tertentu turut berbunyi. 

Oleh karenanya, ke depan, Eko menjelaskan, ia tengah mengembangkan alat ini untuk bisa diaplikasikan pada ponsel atau laptop, sehingga pengguna ponsel dan laptop itu bisa mengisi baterai gadgetnya di hotspot-hotspot tertentu yang ditenagai oleh sel surya, yang berfungsi menyuplai listrik secara nirkabel hingga radius 2 meter.
Maka, di sekitar hotspot ini, orang-orang bisa mengisi baterai ponsel sambil menelepon, atau mengerjakan tugas di laptopnya berjam-jam tanpa perlu takut tak kebagian colokan listrik. "Dengan alat ini, keberadaan kabel tidak lagi dibutuhkan," kata Eko.
Hingga kini, Eko dan timnya melakukan penelitian ini secara mandiri, tanpa bantuan dari lembaga manapun. Namun Eko yakin, teknologi ini sangat potensial memberi manfaat yang sangat besar, karena aman, praktis dan bisa diterapkan di hampir seluruh peralatan elektronik.


2 komentar:

netflix customer service mengatakan...

Nice Blog Post. Thanks For Sharing this informative post.

netflix activate device
netflix customer service
netflix sign in
Netflix Customer Support Phone Number
Netflix Customer Service Phone Number

montinklbaby0riginate mengatakan...

Buy indoor plants online near dwarka, new delhi - Birthright offers indoor plants for home online in India. At our online nursery, We have a team of talented brand shapers who have the capability, passion and knowledge to deal with clients.
As a Graphic Design Services In India, We have a team of talented and Creative Graphic Designers to Create Custom Graphics.
Get contact details and address of Renovation Services, Renovation Works firms and a home renovation services is Negotiable.
Use the Blink Monitor App for Android to check in on what's happening at home from anywhere at any time. The app connects your home to your phone in HD video
Getlisting Provides Complete Solution If You Facing The PlentyOfFish (POF). Can't log in? Issues in United States. If your file is being reviewed for some reason, such as being reported by another Plenty of Fish user, your account might be temporarily suspended while the company investigates.

Posting Komentar